Penghargaan kepada Petugas Data Hortikultura Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2022

15 Februari 2023 03:14:40 Admin : Dinas Pertanian
Editor : Dinas Pertanian

BANJARBARU,- Dinas TPH Provinsi Kalsel melalui Subbag Perencanaan dan Pelaporan selasa lalu menggelar Pertemuan Sinkronisasi Data Hortikultura Tingkat Provinsi bersama Badan Pusat Statistik Kalsel di Hotel Roditha Banjarbaru selama 2 hari yang dihadiri oleh Petugas Data Hortikultura atau Mantri Tani lingkup Kabupaten/Kota, (Selasa/31/01).

Dalam Pertemuan tersebut, juga diberikan Penghargaan kepada Petugas Data Hortikultura Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2022, diantaranya :
1. Petugas Data Hortikultura Terbaik 1 diraih oleh
Rahmadi Budiman, S.Hut dari Dinas Pertanian Kabupaten Tapin
2. Petugas Data Hortikultura Terbaik 2
Erma Yunita, SP dari Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara
3. Petugas Data Hortikultura Terbaik 3
Aditya Irawan Pratama, SP dari Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu

Upaya peningkatan produksi hortikultura dilaksanakan melalui langkah-langkah operasional dan teknis agar dapat menghasilkan output yang optimal bagi keberhasilan pengembangan hortikultura Indonesia. Untuk mendukung pembangunan hortikultura aspek lain yang juga penting dan harus diperhatikan adalah ketersediaan data hortikultura. Ketersediaan data dan informasi hortikultura sangat diperlukan walaupun masih bersifat angka sementara namun validitasnya harus dapat dipertanggungjawabkan.

Melalui Pertemuan Sinkronisasi data hortikultura ini dapat dilakukan verifikasi dan validasi data hortikultura antara provinsi dan daerah, selain itu juga untuk melakukan identifikasi permasalahan lapangan berkaitan dengan pengumpulan dan pengolahan data hortikultura serta diharapkan dapat dilakukan komunikasi informasi antara provinsi dan kabupaten khususnya Mantritani terhadap fenomena yang sebenarnya terjadi di daerah yang dapat menjelaskan tersedianya data hortikultura. Kabupaten Kota yang mengalami penurunan atau kenaikan produksi hortikultura diharapkan dapat memberikan justifikasi yang representative mengenai penurunan atau kenaikan berdasarkan kondisi dilapangan.